@misc{eprints77902, month = {Desember}, title = {PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP NEGERI 3 NATAR LAMPUNG SELATAN}, author = {DEWANTI INDIRA RATNA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/77902/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap Higer Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik pada materi bioteknologi di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 3 Natar yaitu kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan IX C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t tunggal (Independent Sample t-Test). Data HOTS diperoleh dengan menentukan N-gain dari skor pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai di kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah melalui pembelajaran bioteknologi dengan menggunakan model Project Based Learning dengan rerata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap HOTS peserta didik di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan.} }