title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS 3 DI SMAN 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 creator: Kahayun, 1013033041 subject: LB Theory and practice of education description: ABSTRAK Model pembelajaran Gallery Walk merupakan salah satu model pembelajaran aktif (active learning) yang dalam pelaksanaannya banyak melibatkan peran siswa dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran, siswa dilibatkan langsung dalam aktivitas-aktivitas belajar di kelas melalui diskusi kelompok, saling memberi dan menerima komentar hasil diskusi dengan saling mengunjungi stand diskusi dan berpresentasi. Model pembelajaran Gallery Walk dipilih dikarenakan selain memberikan variasi model pembelajaran dalam belajar sejarah, model pembelajaran Gallery Walk dapat melibatkan siswa secara aktif dalam aktivitas-aktivitas belajar seperti diskusi, kerja kelompok dan presentasi dimana hal tersebut diduga dapat membangkitkan minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Gallery Walk terhadap minat belajar siswa kelas XI IIS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Gallery Walk terhadap minat belajar siswa kelas XI IIS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian adalah penelitian populasi dengan subjek terpilih adalah siswa kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran Gallery Walk terhadap minat belajar siswa kelas XI IIS 3 di SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah sedang sebesar 73, 22%. Hasil ini diketahui berdasarkan rata-rata minat belajar siswa selama tiga kali eksperimen penerapan model pembelajaran Gallery Walk. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-02-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/8/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/13/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/19/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7800/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Kahayun, 1013033041 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS 3 DI SMAN 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/7800/