%0 Generic %A Ricky Septiawan, 0711011105 %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:7801 %I Fakultas Ekonomi dan Bisnis %T ANALISIS SIKAP KONSUMEN DITINJAU DARI BAURAN PEMASARAN PADA PASAR TRADISIONAL BAMBU KUNING DIBANDINGKAN DENGAN PASAR MODERN MALL KARTINI (Studi pada Pasar Tradisional Bambu Kuning Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/7801/ %X ABSTRAK Proses pemilihan pasar merupakan fungsi dari karakteristik konsumen dan karakteristik pasar. Konsumen memilih atau membandingkan karakteristik pasar yang dirasakan dengan kriteria evaluasi dari pelanggan inti. Salah satu cara mengetahui sikap konsumen dalam memilih atau membandingkan karakteristik pasar dapat ditinjau dari bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen pada pasar tradisional Bambu Kuning dan pasar modern Mall Kartini di Bandar Lampung dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan sikap konsumen pasar tradisional Bambu Kuning dan pasar modern Mall Kartini di Bandar Lampung dari dimensi yang kuat hingga yang lemah. Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional Bambu Kuning di Bandar Lampung, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja pada pasar tradisional Bambu Kuning dan pasar modern Mall Kartini, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus literasi sehingga diketahui sampel sebesar 98 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t berpasangan dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian setelah diadakan pengujian dengan uji-t secara parsial dari masing-masing variabel ditemukan pengaruh yang signifikan sebesar 0,042 berada di bawah level of significance yaitu α = 0,05 sehingga Ho ditolak, hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan sikap konsumen pasar tradisional Bambu Kuning dan pasar modern Mall Kartini pada komponen harga, promosi, kenyamanan belanja, dan proses yang berada di bawah level of significance, hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan pada komponen produk, lokasi, dan pelayanan berada di atas level of significance, yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan.