<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES"^^ . " \r\nSubmerged Floating Tunnel (SFT) merupakan sebuah inovasi yang masih berupa konsep karena\r\nsampai saat ini belum ada proyek aktual yang diwujudkan. Meskipun demikian SFT ini\r\nmenawarkan sebuah peluang baru dalam bidang transportasi yang melewati perairan yang dalam\r\ndan lebar, misalnya transportasi antar pulau yang tidak dimungkinkan untuk menggunakan\r\njembatan. Submerged Floating Tunnel (SFT) ini juga dapat mengurangi kesibukan dan padatnya\r\njalur pelayaran yang membutuhkan waktu lama dan biaya yang cukup mahal. Terowongan\r\napung terendam adalah inovasi yang memanfaatkan hukum gaya apung untuk menopang\r\nstruktur pada kedalaman yang moderat dan nyaman. Terowongan ini terbuat dari baja dan beton,\r\ndan dapat diikat pada dasar laut atau diapungkan di permukaan air dengan bantuan ponton. SFT\r\nharus dirancang untuk menahan semua gerakan, beban operasi, dan beban tidak disengaja,\r\ndengan kekuatan dan kekakuan yang cukup. Gelombang air laut atau ombak adalah gangguan\r\nyang sangat mempengaruhi keamanan struktur SFT. Salah satu struktur SFT yang ditawarkan\r\nadalah terowongan model kembar atau model tandem. Penelitian ini dimaksudkan untuk\r\nmenambah referensi pengembangan penelitian lanjutan yang diperlukan untuk mewujudkan\r\nSubmerged Floating Tunnel (SFT) yang aman. Penelitian ini menyajikan hasil dari studi\r\neksperimen yang mencari pengaruh jarak antar sumbu tabung kembar atau twin tubes yang\r\ndiperbandingkan dengan panjang gelombang ombak terhadap besarnya gaya hidrodinamik arah\r\nhorizontal yang direpresentasikan sebagai gaya Morison (gaya drag dan inersia) yang diterima\r\noleh kedua tabung kembar tersebut. Studi eksperimen ini mengasumsikan bahwa tidak ada\r\ngangguan lain yang mengenai kedua tabung selain semata-mata hanya gelombang air (ombak). \r\nJarak antar tabung (x) yang ditinjau adalah sebesar 1 atau satu panjang gelombang,\r\n¾½dan ¼ . Sedangkan variasi diameter tabung eksperimen adalah 3”, 2.5” dan 2”. \r\nUntuk melengkapi penelitian maka ditinjau pula gaya pada variasi kedalaman -10 cm, -20 cm,\r\ndan -30 cm dari surface water level. Penelitian ini menggunakan load cell yang dipasang pada\r\ntabung 1 (tabung depan yang berhadapan langsung dengan arah gelombang) dan pada tabung 2\r\n(tabung yang berada di belakang tabung 1 ditinjau dari arah gelombang) yang dihubungkan\r\ndengan perangkat elektronik berbasis Arduino. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya\r\nyang diterima oleh tabung 2 selalu lebih kecil daripada gaya yang diterima tabung 1, hal ini\r\nnormal karena gaya gelombang tidak secara langsung diterima oleh tabung 2 namun sudah \r\nberkurang akibat terganggu tabung 1. Perubahan jarak antar tabung dari 1 menjadi ½\r\nmempengaruhi besarnya gaya yang diterima oleh tabung menjadi lebih kecil, namun tidak\r\nditemukan kecenderungan yang pasti bahwa semakin kecil jarak antar tabung selalu akan\r\nsemakin kecil pula gaya yang diterima tabung. Ditinjau dari variasi kedalaman penempatan\r\ntabung, maka terdapat kecenderungan bahwa semakin dalam penempatan tabung akan\r\nmemperkecil gaya yang diterima tabung akibat gelombang / ombak.\r\n \r\n \r\n\r\nKata kunci: Submerged Floating Tunnel (SFT), Twin Tubes, drag force, inertia force \r\n Submerged Floating Tunnel (SFT) is an innovation that is still in the concept stage because\r\nthere is no actual project that has been realized so far. However, SFT offers a new opportunity\r\nin the field of transportation that passes through deep and wide waters, for example, inter-island\r\ntransportation that is not possible to use a bridge. SFT can also reduce the busyness and density\r\nof shipping lanes that require a long time and quite expensive. A submerged floating tunnel is\r\nan innovation that utilizes the law of buoyancy to support the structure at a moderate and\r\ncomfortable depth. The tunnel is made of steel and concrete, and can be anchored to the seabed\r\nor floated on the water surface with the help of pontoons. SFT must be designed to withstand\r\nall movements, operational loads, and accidental loads, with sufficient strength and rigidity.\r\nOne of the SFT structures offered is the twin-tube or tandem model tunnel. This research is\r\nintended to add references for further research development needed to realize a safe Submerged\r\nFloating Tunnel (SFT). The study presents the results of an experimental study that seeks the\r\ninfluence of the distance between twin tube axes or twin tubes compared to the wave length on\r\nthe magnitude of the horizontal hydrodynamic force represented as the Morison force (drag and\r\ninertia force) received by the two twin tubes. The experimental study assumes that there is no\r\nother disturbance affecting the two tubes other than just water waves (swells). The distance\r\nbetween the tubes (x) reviewed is 1λ or one wavelength, ¾λ, ½λ, and ¼λ. Meanwhile, the\r\nvariation in the diameter of the experimental tube is 3\", 2.5\", and 2\". To complete the study, the\r\nforce is also reviewed at variations in depth of -10 cm, -20 cm, and -30 cm from the surface\r\nwater level. This study uses a load cell mounted on tube 1 (the front tube facing the direction of\r\nthe wave) and on tube 2 (the tube behind tube 1 viewed from the direction of the wave) connected\r\nto an Arduino-based electronic device. From the study, it can be concluded that the force\r\nreceived by tube 2 is always smaller than the force received by tube 1, which is normal because\r\nthe wave force is not directly received by tube 2 but has been reduced due to the disturbance of\r\ntube 1. The change in the distance between the tubes from 1λ to ½λ affects the magnitude of the\r\nforce received by the tube to be smaller, but there is no tendency that the smaller the distance\r\nbetween the tubes, the smaller the force received by the tube. Reviewed from the variation in the\r\ndepth of tube placement, there is a tendency that the deeper the tube placement, the smaller the\r\nforce received by the tube due to waves/swells. \r\n\r\nKeywords: Submerged Floating Tunnel (SFT), Twin Tubes, drag force, inertia force\r\n \r\n "^^ . "2023-12-19" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "PRIYA DARMANTO"^^ . "PATRICIUS"^^ . "PRIYA DARMANTO PATRICIUS"^^ . . . . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (File PDF)"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK\r\nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #78054 \n\nSTUDI EKSPERIMENTAL GAYA HIDRODINAMIK \nPADA TWIN SUBMERGED FLOATING TUBES\n\n" . "text/html" . . . "600 Teknologi (ilmu terapan)" . . . "602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan" . . . "620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan" . .