TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints781 UR - http://digilib.unila.ac.id/781/ A1 - , SITI ZAENATUN Y1 - 2011/09/23/ N2 - Penelitian ini berawal dari observasi pembelajaran bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bandar Sakti mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga wayang dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dalam mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, untuk aktivitas, afektif, dan psikomotor. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan persentase dan menggunakan pedoman konversi skala lima untuk mengetahui indikator keberhasilan pada penelitian terebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga wayang pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat melalui hasil-hasil yang diperoleh melalui lembar instrument observasi. Sebelum tindakan siklus pertama rata-rata nilai kelas 58,46, setelah diadakan tindakan, nilai rata-rata formatif mencapai 74,87. Persentase aktivitas siswa dalam katagori baik. Selanjutnya hasil kognitif siswa sebelum diadakan tindakan kedua peneliti melakukan tes penjajagan, nilai rata-rata kelas 44,87. Setelah diadakan tindakan kedua nilai rata-rata kelas mencapai 73,07. Presentase aktivitas siswa dalam katagori sangat baik. Kata kunci: alat peraga, aktivitas, dan hasil belajar. PB - Fakultas KIP TI - PENGGUNAAN ALAT PERAGA WAYANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANDAR SAKTI KECAMATAN TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH AV - restricted ER -