TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints78130 UR - http://digilib.unila.ac.id/78130/ A1 - M. FADHAL , GHOZY BUCHARI Y1 - 2023/12/14/ N2 - Eggs are an animal product that comes from poultry and are known as a food source of high quality protein. Chicken eggs have a shelf life of only 3 weeks. Therefore, egg preservation efforts need to be carried out to extend the shelf life of purebred chicken eggs, one of which is by using the addition of liquid smoke as a fumigation method to replace conventional fumigation. Salted eggs from purebred chickens prepared with the addition of liquid smoke are a product that is still rare, so it is necessary to conduct an analysis of consumer preference testing. The results of the analysis of the importance and performance of product attributes are included in quadrant maintain performance, namely taste, aroma and texture attributes and attributes included in quadrant tend to be excessive are color, size and product durability. The calculation results of the consumer satisfaction index for purebred chicken salted egg products with the addition of liquid smoke is 79%. The results of the analysis of consumer purchasing intentions were 3.54, mean Consumers have quite high interest in buying product. Keywords : Chicken eggs, consumer preferences, product importance, product performance. Telur merupakan salah satu produk hewani yang berasal dari ternak unggas dan telah dikenal sebagai bahan pangan sumber protein yang bermutu tinggi. Telur ayam memiliki masa simpan hanya selama 3 minggu. Maka dari itu, usaha pengawetan telur perlu dilakukan untuk memperpanjang masa simpan telur ayam ras, salah satunya dengan menggunakan penambahan asap cair sebagai metode pengasapan pengganti pengasapan konvensional. Telur asin ayam ras yang diolah dengan penambahan asap cair ini sebagai produk yang masih jarang, sehingga perlu dilakukannya analisis pengujian preferensi konsumen. Hasil analisis kepentingan dan kinerja atribut produk yakni atribut yang termasuk ke dalam kuadran II (pertahankan prestasi) yaitu atribut rasa, aroma, dan tekstur dan atribut yang termasuk ke dalam kuadran IV (cenderung berlebihan) yaitu warna, ukuran, dan keawetan produk. Hasil perhitungan dari indeks kepuasan konsumen terhadap produk telur asin ayam ras dengan penambahan asap cair ini sebesar 79%. Hasil analisis niat beli konsumen diperoleh sebesar 3,54 yang berarti konsumen mempunyai minat yang cukup tinggi untuk membeli produk tersebut. Kata kunci : Telur ayam, preferensi konsumen, kepentingan produk, kinerja produk. PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TELUR ASIN AYAM RAS DENGAN PENAMBAHAN ASAP CAIR AV - restricted ER -