title: PENGARUH PERUBAHAN MEREK (REBRANDING) PRODUK LARUTAN PENYEGAR CAP KAKI TIGA MENJADI CAP BADAK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN creator: 0851011009, AJIE BAYU ANGGORO subject: HB Economic Theory subject: HC Economic History and Conditions description: Abstrak Merek sangat dibutuhkan oleh suatu produk karena selain memiliki nilai yang kuat, merek juga memiliki manfaat yang menguntungkan bagi konsumen, perusahaan, dan publik. Perubahan merek (rebranding) dapat merubah pandangan pelanggan terhadap suatu produk, dapat membaik ataupun memburuk. Berdasarkan data yang diperoleh dari situs topbrand-award, larutan penyegar cap badak mulai mendapatkan tempat di hati konsumen pada tahun 2012 dengan presentasi 3,1% dari keseluruhan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui perubahan merek (rebranding) pada produk larutan penyegar dan menganggap larutan penyegar cap badak merupakan produk baru. Pertanyaan yang timbul adalah : ” Apakah Perubahan merek (rebranding) produk larutan penyegar cap kaki tiga menjadi cap badak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan ?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan merek (rebranding) produk larutan penyegar cap kaki tiga menjadi cap badak terhadap loyalitas pelanggan. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh perubahan merek (rebranding) terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang sifatnya penjelasan. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang mengkonsumsi produk larutan penyegar cap badak yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah memilih ulang sebuah merek, membuat ulang kesadaran merek, memposisikan ulang merek, menciptakan ulang citra merek, membuat ulang kepercayaan ( X ) dan loyalitas pelanggan ( Y ). Berdasarkan hasil perhitungan R2, diperoleh hasil bahwa pengaruh perubahan merek (rebranding) terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,532. Hal ini berarti perubahan merek (rebranding) berperan mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 53,2%. Untuk mengetahui secara bersama-sama apakah variabel perubahan merek (rebranding) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan digunakan uji F dan untuk melihat kontribusi setiap variabel bebas digunakan uji T. Pengujian hipotesis secara menyeluruh dengan uji F pada tingkat kepercayaan 95% atau dengan nilai α = 5% di peroleh F-hitung > F-tabel. Hal ini menunjukan secara statistik bahwa perubahan merek (rebranding) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perubahan merek (rebranding) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Variabel bebas membuat ulang kesadaran merek (X2), memposisikan ulang merek (X3),dan membuat ulang kepercayaan merek (X5) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan t-hitung > t-tabel dan nilai signifikan >0,05. Sedangkan memilih ulang sebuah merek (X1) dan menciptakan ulang citra merek (X4) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dikarenakan t-hitung < t-tabel dan nilai sig < 0,05. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, perusahaan harus berusaha lebih keras melakukan pemberitahuan tentang perubahan merek (rebranding) yang terjadi pada produknya melalui pengiklanan di media-media komunikasi,serta berusaha meyakinkan konsumen bahwa tidak ada perbedaan produk merek lama dengan merek baru dari segi apapun, baik bahan baku, kualitas dan manfaat produk. publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis date: 2013-02-05 type: Skripsi type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/1/Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/2/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/3/Daftar%20Gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/4/Daftar%20Isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/5/Daftar%20Lampiran.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/7/Daftar%20Tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/8/I.PENDAHULUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/9/II.LANDASAN%20TEORI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/10/III.METODE%20PENELITIAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/11/IV.PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/12/IV.PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/13/Kata%20Pengantar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/14/lampiran%20full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/15/Lembar%20Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/16/Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/17/PERNYATAAN%20SKRIPSI%20MAHASISWA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/18/Riwayat%20Hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7814/19/V.KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf identifier: 0851011009, AJIE BAYU ANGGORO (2013) PENGARUH PERUBAHAN MEREK (REBRANDING) PRODUK LARUTAN PENYEGAR CAP KAKI TIGA MENJADI CAP BADAK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/7814/