creators_name: DEDI , SUWITO creators_id: 2123053007 type: thesis datestamp: 2024-01-22 07:45:03 lastmod: 2024-01-22 07:45:03 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExCluSiVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran ExCluSiVE yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori Research and Development (R&D) Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 5 Metro Timur sebanyak 36 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan penelaahan data dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan untuk data ahli, kepraktisan produk, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata uji ahli dengan kriteria sangat layak. Uji kepraktisan dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan uji kepraktisan dengan menggunakan N-Gain menunjukkan kriteria efektif. Hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD berbasis model pembelajaran ExCluSiVE untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur pada materi bangun datar layak, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), model pembelajaran ExCluSiVE, Kemampuan Berpikir Kreatif This study aims to develop LKPD based on the ExCluSiVE learning model which is feasible, practical and effective to improve creative thinking skills in mathematics subjects in grade IV elementary schools. The type of research and development used refers to Borg and Gall's Research and Development (R&D) theory. The population in this study were students of class IV UPTD SD Negeri 5 Metro Timur as many as 36 students. The samples in this study were class IVA as the experimental class and class IVB as the control class. Data collection techniques in this study were observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data analysis technique used qualitative descriptive analysis with data review and quantitative descriptive analysis using for expert data, product practicality, validity, reliability, question difficulty level, and N-gain. The results showed the average expert test with very feasible criteria. Practicality test with very practical criteria. While the practicality test using N-Gain shows effective criteria. The results of the study can be concluded that LKPD based on the ExCluSiVE learning model to improve creative thinking skills in mathematics learning in class IV SD Negeri 5 Metro Timur on flat building material is feasible, practical and effective. Keywords: Learner Worksheet (LKPD), ExCluSiVE learning model, Creative Thinking date: 2024-01-19 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: DEDI , SUWITO (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExCluSiVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/78197/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/78197/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/78197/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf