%0 Generic %A 0901071009, RAMADHANI %D 2013 %F eprints:7825 %T STRATEGI PEMASARAN TEPUNG TAPIOKA PT SINAR PEMATAN MULIA DI LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/7825/ %X PT Sinar Pematang Mulia Lampung merupakan anak perusahaan dari PT Lambang Jaya Gruop yang bergerak di bidang perkebunan dan pengelolahan singkong menjadi tepung tapioka. PT Sinar Pematang Mulya Lampung berada di desa Mataram Udik Kecamatan Lampung Tengah. Perusahaan ini menghasilkan tapioka yang baik dan berkualitas tinggi. PT Sinar Pematang Mulia Lampung . Manfaat penulisan ini adalah sebagai bahan petunjuk sekaligus informasi yang diperlukan dalam strategi pemasaran tepung tapioka pada PT Sinar Pematang Mulia Berdasarkan data yang ada terdapat masalah yang dihadapi pada PT Sinar Pematang Mulia strategi yang digunakan oleh perusahaan kurang tepat karena target penjualan perusahaan belum tercapai seperti bahwa rata-rata target penjualan belum mencapai angka yang diharapkan. Berdasarkan masalah yang tersebut maka permasalahan yang diajukan adalah Apakah strategi pemasaran tepung tapioka di PT Sinar Pematang Mulia Lampung sudah tepat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh PT Sinar Pematang Mulia Lampung dalam meningkatkan volume penjualan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan laporan akhir ini adalah metode wawancara yaitu pengumpulan data dengan bertanya langsung pada pimpinan dan karyawan yang bekerja di perusahaan khususnya yang memiliki kaitan fungsional dengan pelaksanaan strategi pemasaran perusahaan dan metode dokumentasi yang diperoleh dari literature dan lembaga- lembaga lain terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif yang menggambarkan kegiatan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan metode SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity, Threat). Metode SWOT adalah metode untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dalam seberapa baik daya tersebut dikelola perusahaan. Dari hasil pengamatan terhadap strategi pemasaran di PT Sinar Pematang Mulia Lampung dapat ditarik kesimpulan bahwa perusahaan tersebut belum dilaksanakan dengan baik karena strategi promosi yang dilakukan PT Sinar Pematang Mulia Lampung belum dilaksanakan dengan baik hanya dengan strategi produk saja yang sudah dilakukan sebagaimana yang dilakukan sebagaimana yang ditetapkan oleh perusahaan. Saran yang dapat disimpulkan perusahaan perlu meningkatkan promosi yang lebih banyak lagi agar konsumen dapat lebih mengenal produk tersebut.