<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO"^^ . "Penerapan standar pelayanan publik merupakan hal yang sangat penting dalam\r\npelayanan publik. Namun masih ditemukan permasalahan dalam penerapan standar\r\npelayanan dalam pendaftaran jaminan kesehatan Pekerja Bukan Penerima Upah\r\n(PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) di Kota Metro yaitu: 1) Prosedur pelayanan masih\r\nmanual dan belum sistematis oleh Dinas Kesehatan, 2) Persyaratan nomor induk\r\nkependudukan belum terverifikasi secara online, 3) Waktu penyelesaian tidak\r\ndipublikasikan secara jelas, 4) Kendala jaringan internet, listrik, dan server aplikasi\r\nE-Dabu BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan standar\r\npelayanan publik dalam pendaftaran jaminan kesehatan Pekerja Bukan Penerima\r\nUpah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) di Kota Metro menurut indikator Mukarom\r\n& Laksana (2018) yaitu: prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan,\r\nproduk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pelayanan serta\r\nfaktor pendukung dan faktor penghambat. Metode penelitian yang digunakan\r\nadalah deskriptif kualitatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan penerapan standar pelayanan\r\npublik dalam pendaftaran jaminan kesehatan Pekerja Bukan Penerima Upah\r\n(PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) ditinjau dari enam indikator standar pelayanan\r\nbelum terlaksana dengan baik. Hal ini karena masih terdapat indikator yang belum\r\nterpenuhi yaitu waktu penyelesaian yang tidak dipublikasikan secara jelas dan\r\nsarana dan prasarana yang belum mendukung aktivitas pelayanan. Adapun faktor\r\npendukung berupa sudah adanya standar operasional prosedur sebagai acuan, biaya\r\njaminan kesehatan yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah, serta\r\nkompetensi petugas pelayanan sudah dibekali dengan pengetahuan, keterampilan,\r\ndan motivasi. Sedangkan faktor penghambat berupa sarana dan prasarana yang\r\nbelum mendukung aktivitas pelayanan dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk\r\nmengurus dokumen kependudukan.\r\nKata kunci: standar pelayanan publik, jaminan kesehatan, pekerja informal \r\nImplementation of public service standards is very important in public services.\r\nHowever, problems are still found in the application of service standards in the\r\nregistration of health insurance for Non-Wage Recipient Workers (PBPU) and NonWorkers (BP) in Metro City namely: 1) Service procedures are still manual and not\r\nyet systematic by the Health Service, 2) Population identification number\r\nrequirements have not been verified systematically online, 3) Completion time is\r\nnot clearly published, 4) Problems with the internet network, electricity and BPJS\r\nE-Dabu application server. This research aims to analyze the application of public\r\nservice standards in the registration of health insurance for Non-Wage Recipient\r\nWorkers (PBPU) and Non-Workers (BP) in Metro City according to Mukarom &\r\nLaksana (2018) indicators, namely: service procedures, completion time, service\r\ncosts, service products, facilities and infrastructure, and competency of service\r\npersonnel as well as supporting and inhibiting factors. The research method used is\r\na qualitative descriptive.\r\nThe results of the research show that compliance with the implementation of public\r\nservice standards in the registration of health insurance for Non-Wage Recipient\r\nWorkers (PBPU) and Non-Workers (BP) in terms of six service standard indicators\r\nhas not been implemented well. This is because there are still indicators that have\r\nnot been met, namely completion times that are not clearly published and facilities\r\nand infrastructure that do not yet support service activities. The supporting factors\r\ninclude the existence of standard operational procedures as a reference, the cost of\r\nhealth insurance which comes from the regional income and expenditure budget,\r\nand the competence of service officers who are equipped with knowledge, skills\r\nand motivation. Meanwhile, inhibiting factors include facilities and infrastructure\r\nthat do not support service activities and a lack of public awareness regarding\r\nprocessing documents.\r\nKeywords: public service standards, health insurance, informal worker"^^ . "2023-12-14" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "FITRIYANI"^^ . "YASINTHA "^^ . "FITRIYANI YASINTHA "^^ . . . . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (File PDF)"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM\r\nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN\r\nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP)\r\nDI KOTA METRO (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #78314 \n\nPENERAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM \nPENDAFTARAN JAMINAN KESEHATAN PEKERJA BUKAN \nPENERIMA UPAH (PBPU) DAN BUKAN PEKERJA (BP) \nDI KOTA METRO\n\n" . "text/html" . . . "350 Administrasi publik dan ilmu militer" . .