title: PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR creator: REZKA , HUTAMI subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya hubungan yang hangat, komunikatif, pemberian bimbingan, dan keterlibatan orang tua terhadap proses belajar peserta didik serta disiplin belajar peserta didik yang masih rendah sehingga menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Duku Kec. Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto dengan jenis causal research atau penelitian korelasi. Populasi penelitian berjumlah 95 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 51 orang peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu proportinate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Duku Kec. Tanjung Raja Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata kunci: disiplin belajar, keterampilan berpikir kritis, pola asuh orang tua publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-09-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/78461/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/78461/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/78461/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: REZKA , HUTAMI (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/78461/