TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints78484 UR - http://digilib.unila.ac.id/78484/ A1 - RIFKI , MUHAIMIN SYAHPUTRA Y1 - 2024/01/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Socio Scientific Issues (SSI) dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan (quasi experiment) dengan desain posttest (nonequivalent groups design). Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yang terpilih kelas X MIPA 7 sebanyak 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIPA 5 sebanyak 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen II. Data kemampuan berpikir kritis dari posttest dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test (?=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SSI (85±8.357) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan dengan menggunakan PBL (80±11.613) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan (Sig. 0.041 < 0.05). Model SSI memberikan pengaruh lebih tinggi pada aspek berpikir kritis menjelaskan secara sederhana, membangun keterampilan dasar dan menjelaskan lebih lanjut, sedangkan pada model PBL berpengaruh lebih tinggi pada aspek penarikan kesimpulan dan mengatur taktik strategi. Kata Kunci: Socio Scientific Issues, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan, Kemampuan Berpikir Kritis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERBANDINGAN MODEL SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -