%0 Generic %A , SRI USTARI HOLIFAH %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:785 %I Fakultas KIP %T PENGARUH MEDIA PETA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011 %U http://digilib.unila.ac.id/785/ %X Media pengajaran sangat diperlukan agar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tidak monoton, tidak membosankan. Peta merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah siswa memahami pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Permasalahan yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Penggunaan Media Peta Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 2 Teluk Betung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010-2011. Penggunaan peta pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) akan dikaji untuk mengetahui penggunaan media peta pada peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Untuk mendapatkan gambaran awal sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu penulis melakukan observasi terhadap siswa kelas V SD Negeri 2 Teluk Betung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini memiliki dua data yaitu data kualitatif yang diperoleh dari Prestasianalisis catatan lapangan dan data Prestasibelajar dari catatan nilai harian siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan Prestasipenelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terhadap siswa kelas V SD Negeri 2 Teluk Betung Bandar Lampung dapat dideskripsikan penggunakan media peta dapat peningkatan prestasi belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Negeri 2 Teluk Betung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011, hal ini dibuktikan dengan perbandingan persentase antara siklus I dengan siklus II cukup signifikan yakni pada siklus I siswa yang berPrestasituntas KKM mata pelajaran IPS hanya 34% dan tidak tuntas KKM IPS 66%. Sedangkan pada siklus II siswa yang berPrestasituntas KKM mata pelajaran IPS meningkat menjadi 84% dan siswa yang yang tidak tuntas KKM mata pelajaran IPS hanya 16%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan peta di Sekolah Dasar mampu meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Teluk Betung Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran dalam penelitian ini adalah Penggunaan peta hendaknya diterapkan di Sekolah Dasar untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kata Kunci: Media peta. Prestasi belajar, pelajaran IPS