title: PENGARUH LITERASI KEUANGAN, TEMAN SEBAYA, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU MENABUNG SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 creator: Dina , Revi Merani subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku menabung siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 133 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 siswa, yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan sampel random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket/kuisioner dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F yang diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan literasi keuangan, teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku menabung siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Bandar Lampung dengan koefisien determinasi sebesar 0,431 atau 43,1% dan sisanya sebesar 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Kontrol Diri, Literasi Keuangan, Perilaku Menabung. Teman Sebaya. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-01-12 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/78542/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/78542/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/78542/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Dina , Revi Merani (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, TEMAN SEBAYA, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU MENABUNG SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/78542/