@misc{eprints78570, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA}, author = {SUGESTI NICKEN }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/78570/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MIPA 1 sampai XI MIPA 4. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,72 sedangkan rata-rata n-Gain KPS siswa di kelas kontrol sebesar 0,48. hasil pengujian hipotesis (Independet Sample T Test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang secara signifikan rata-rata n-Gain KPS antara kelas eksperimen menggunakan model inquiry lesson dengan rata-rata n-Gain kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan KPS pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: Inquiry lesson, keterampilan proses sains, kesetimbangan kimia} }