%A 1113031069 Taufik Priandaru %T STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung model jigsaw terhadap hasil belajar IPS terpadu, pengaruh langsung model NHT terhadap hasil belajar IPS terpadu, pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPS terpadu, pengaruh model jigsaw dengan memperhatikan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPS terpadu, pengaruh model NHT dengan memperhatikan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPS terpadu serta pengaruh model jigsaw dan NHT bersama-sama terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII di SMPN 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen factorial design. Populasi di dalam penelitian ini sebanyak 168 siswa. Hasil teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII 1 yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan path analysis diperoleh hasil model jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS terpadu, model NHT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS terpadu, kemampuan awal siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS terpadu, model jigsaw dengan memperhatikan kemampuan awal siswa berpengaruhsecara signifikan terhadap hasil belajar IPS terpadu, model NHT dengan memperhatikan kemampuan awal siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS terpadu. Secara simultan model jigsaw dan NHT berpengaruh terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Kata kunci :jigsaw, kemampuan awal, NHT. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7863