@misc{eprints7864, month = {Maret}, title = {PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1113031027 Endah Prahesra}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/7864/}, abstract = {ABSTRAK PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh ENDAH PRAHESRA Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh tentang kecerdasan emosional, persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah dengan 184 orang siswa. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 125 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional, persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu (2) Ada pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu (3) Ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu (4) Ada pengaruh kecerdasan emosional, persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan emosional, kemandirian belajar, persepsi siswa tentang pola asuh orang tua} }