%0 Generic %A Bryantdary Arrafif, Nasution %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:78643 %I FAKULTAS KEDOKTERAN %T HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HARGA DIRI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/78643/ %X Latar Belakang: Lingkungan belajar yang baik dapat memengaruhi pencapaian kompetensi mahasiswa, namun faktor-faktor seperti motivasi, dukungan dosen, dan interaksi sosial juga turut berperan. Harga diri adalah evaluasi dari seorang terhadap kualitas atau keberhargaan diri sebagai manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan harga diri mahasiswa kedokteran. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Data yang diperoleh melalui data primer, yaitu data kuesioner yang diisi langsung oleh responden. Sampel yang digunakan berjumlah 112 sampel. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Mayoritas responden memiliki persepsi lingkungan belajar yang memuaskan sebanyak 80 responden (71,4%). Mayoritas responden memiliki tingkat harga diri yang sedang sebanyak 71 responden (63,4%). Terdapat hubungan lingkungan belajar dengan harga diri mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan nilai p < 0,001. Simpulan: Terdapat hubungan lingkungan belajar dengan harga diri pada mahasiswa kedokteran.