TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints7866 UR - http://digilib.unila.ac.id/7866/ A1 - Ani Marlena, 1113031011 Y1 - 2015/03/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 83 siswa dan sampel 68 siswa yang ditentukan dengan rumus cochran. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi linier sederhana sedangkan hipotesis ketiga menggunakan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Ada pengaruh lingkungan keluarga siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar dan lingkungan keluarga siswa. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -