<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis\r\nmultipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped\r\nlearning untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan. Metode penelitian\r\nyang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain\r\npenelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini\r\nadalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Menggala Tahun Ajaran\r\n2023/2024 yang tersebar dalam 6 kelas yaitu XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 6.\r\nPengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.\r\nSampel penelitian adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4\r\nsebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain\r\nketerampilan mengomunikasikan di kelas eksperimen sebesar 0,51, secara signifikan\r\nlebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,29. Hasil\r\npengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan\r\nantara rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas yang menggunakan\r\npembelajaran berbasis multipel representasi dengan strategi flipped\r\nlearning dengan rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas\r\nyang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa\r\npembelajaran berbasis multipel representasi pada materi kesetimbangan kimia\r\ndengan strategi flipped learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan\r\nketerampilan mengomunikasikan.\r\nKata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan mengomunikasikan,\r\npembelajaran berbasis multipel representasi, strategi flipped learning\r\n\r\nThis study aims to describe the effectiveness of multiple representation-based\r\nlearning on chemical equilibrium material with a flipped learning strategy to\r\nimprove communication skills. The research method used in this research is\r\nquasi-experiment with pretest-posttest control group design. The population in\r\nthis study were all students of class XI IPA SMA Negeri 3 Menggala in the\r\n2023/2024 academic year spread over 6 classes, namely XI IPA 1 to XI IPA 6.\r\nSampling in this study used purposive sampling technique. The research sample\r\nwas XI IPA 6 class as the experimental class and XI IPA 4 as the control class.\r\nThe results showed that the average n-Gain of communicating skills in the\r\nexperimental class was 0.51, significantly higher than in the control class which\r\nwas 0.29. The results of hypothesis testing showed that there was a significant\r\ndifference between the average n-Gain of communication skills in the class using\r\nmultiple representation-based learning with flipped learning strategy and the\r\naverage n-Gain of communication skills in the class using conventional learning.\r\nThis shows that multiple representation-based learning on chemical equilibrium\r\nmaterial with flipped learning strategy is significantly effective in improving\r\ncommunication skills.\r\nKata kunci: chemical equilibrium, communication skills, multiple representationbased\r\nlearning, flipped learning strategy"^^ . "2023-12-07" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "Nurriza "^^ . "Erliana "^^ . "Nurriza Erliana "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #78726 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI \nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI \nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .