%A Nurriza Erliana %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped learning untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Menggala Tahun Ajaran 2023/2024 yang tersebar dalam 6 kelas yaitu XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 6. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan di kelas eksperimen sebesar 0,51, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis multipel representasi dengan strategi flipped learning dengan rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped learning secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan. Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan mengomunikasikan, pembelajaran berbasis multipel representasi, strategi flipped learning This study aims to describe the effectiveness of multiple representation-based learning on chemical equilibrium material with a flipped learning strategy to improve communication skills. The research method used in this research is quasi-experiment with pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI IPA SMA Negeri 3 Menggala in the 2023/2024 academic year spread over 6 classes, namely XI IPA 1 to XI IPA 6. Sampling in this study used purposive sampling technique. The research sample was XI IPA 6 class as the experimental class and XI IPA 4 as the control class. The results showed that the average n-Gain of communicating skills in the experimental class was 0.51, significantly higher than in the control class which was 0.29. The results of hypothesis testing showed that there was a significant difference between the average n-Gain of communication skills in the class using multiple representation-based learning with flipped learning strategy and the average n-Gain of communication skills in the class using conventional learning. This shows that multiple representation-based learning on chemical equilibrium material with flipped learning strategy is significantly effective in improving communication skills. Kata kunci: chemical equilibrium, communication skills, multiple representationbased learning, flipped learning strategy %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1953023004 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints78726