<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis\r\nmultipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped\r\nlearning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian\r\nyang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-\r\nposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua\r\npeserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Menggala Tahun Ajaran 2023/2024 yang\r\ntersebar dalam enam kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 6. Pengambilan\r\nsampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.\r\nSampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI\r\nIPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ngain\r\nketerampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,64, secara signifikan\r\nlebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,29. Hasil pengujian\r\nhipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain\r\nketerampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini\r\nmenunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multipel representasi dengan strategi\r\nflipped learning pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan\r\nketerampilan berpikir kritis.\r\nKata kunci: multipel representasi, flipped learning, keterampilan berpikir kritis\r\n\r\nThis study aims to describe the effectiveness of multiple representation-based\r\nlearning on chemical equilibrium material with a flipped learning strategy to\r\nimprove critical thinking skills. The research method used in this research is\r\nquasi-experiment with pretest-posttest control group design. The population in\r\nthis study were all students of class XI SMA Negeri 3 Menggala in the academic\r\nyear 2023/2024 which were spread over six classes, namely classes XI IPA 1 to\r\nXI IPA 6. Sampling in this study used purposive sampling technique. The research\r\nsamples were XI IPA 3 class as the experimental class and XI IPA 6 class\r\nas the control class. The results showed that the average n-gain of critical thinking\r\nskills of the experimental class was 0.64, significantly higher than in the control\r\nclass which was 0.29. The results of hypothesis testing showed that there was a\r\nsignificant difference in the average n-gain of critical thinking skills between the\r\nexperimental and control classes. This shows that learning based on multiple representations\r\nwith a flipped learning strategy on chemical equilibrium material is\r\neffective in improving critical thinking skills.\r\nKeywords: multiple representations, flipped learning, critical thinking skills"^^ . "2023-12-08" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "ERLANDA "^^ . "EVA "^^ . "ERLANDA EVA "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #78727 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI \nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI \nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "500 ilmu pengetahuan alam dan matematika" . . . "660 Teknik kimia" . .