%0 Generic %A AUDYTYA , . %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:78728 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS %U http://digilib.unila.ac.id/78728/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan efektivitas pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2023/2024 yang tersebar dalam enam kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai XI IPA 6. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,58, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,29. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Independent sample T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-Gain KPS antara kelas eksperimen dengan rata-rata n-Gain KPS kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multipel representasi dengan strategi flipped learning pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Kata kunci : multipel representasi, flipped learning, keterampilan proses sains This study aims to describe the effectiveness of multiple representation-based learning on chemical equilibrium material with a flipped learning strategy to improve science process skills. The research method used was quasi-experiment with pretest-posttest control group design. The population in this study were all students in grade XI of SMA Negeri 3 Menggala in the 2023/2024 school year spread over six classes, namely classes XI IPA 1 to XI IPA 6. Sampling in this study used purposive sampling technique. The samples of this study were XI IPA 2 as the experimental class and XI IPA 5 as the control class. The results showed that the average n-Gain of KPS in the experimental class was 0.58, significantly higher than in the control class which was 0.29. The results of hypothesis testing using Independent sample T- test showed that there was a significant difference in the average n-Gain KPS between the experimental class and the average n-Gain KPS of the control class. This shows that learning based on multiple representations with a flipped learning strategy on chemical equilibrium material is effective in improving science process skills. Keywords: multiple representations, flipped learning, science process skills