<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan efektivitas pembelajaran berbasis\r\nmultipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped\r\nlearning untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Metode penelitian yang\r\ndigunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes control group\r\ndesign. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA\r\nNegeri 3 Menggala tahun ajaran 2023/2024 yang tersebar dalam enam kelas yaitu\r\nkelas XI IPA 1 sampai XI IPA 6. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan\r\nteknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah XI IPA 2\r\nsebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini\r\nmenunjukkan bahwa rata-rata n-Gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,58,\r\nsecara signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,29.\r\nHasil pengujian hipotesis menggunakan Independent sample T-test menunjukkan\r\nbahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-Gain KPS antara kelas\r\neksperimen dengan rata-rata n-Gain KPS kelas kontrol. Hal ini menunjukkan\r\nbahwa pembelajaran berbasis multipel representasi dengan strategi flipped\r\nlearning pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan\r\nketerampilan proses sains.\r\nKata kunci : multipel representasi, flipped learning, keterampilan proses sains\r\n\r\nThis study aims to describe the effectiveness of multiple representation-based\r\nlearning on chemical equilibrium material with a flipped learning strategy to\r\nimprove science process skills. The research method used was quasi-experiment\r\nwith pretest-posttest control group design. The population in this study\r\nwere all students in grade XI of SMA Negeri 3 Menggala in the 2023/2024\r\nschool year spread over six classes, namely classes XI IPA 1 to XI IPA 6.\r\nSampling in this study used purposive sampling technique. The samples of\r\nthis study were XI IPA 2 as the experimental class and XI IPA 5 as the control\r\nclass. The results showed that the average n-Gain of KPS in the experimental\r\nclass was 0.58, significantly higher than in the control class which was 0.29.\r\nThe results of hypothesis testing using Independent sample T- test showed\r\nthat there was a significant difference in the average n-Gain KPS between the\r\nexperimental class and the average n-Gain KPS of the control class. This\r\nshows that learning based on multiple representations with a flipped learning\r\nstrategy on chemical equilibrium material is effective in improving science\r\nprocess skills.\r\nKeywords: multiple representations, flipped learning, science process skills"^^ . "2023-12-07" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "."^^ . "AUDYTYA "^^ . ". AUDYTYA "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI\r\nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI\r\nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #78728 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI \nPADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI \nFLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN PROSES SAINS\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "540 Kimia dan ilmu yang berhubungan" . .