%A 1013031066 Sis Subagyo Sampur Prasetyo %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 METRO KIBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi, terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi berjumlah 136 siswa dan sampel 101 berdasarkan rumus Taro Yamane dengan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis dengan (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap motivasi belajar. (2) Ada pengaruh sikap siswa pada mata pelajaran terhadap motivasi belajar. (3) Ada hubungan persepsi siswa tentang iklim sekolah dengan sikap siswa pada mata pelajaran terhadap hasil belajar. (4) Ada pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar. (5) Ada pengaruh sikap siswa pada mata pelajaran terhadap hasil belajar. (6) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (7) Ada pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. (8) Ada pengaruh sikap siswa pada mata pelajaran terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. (9) Ada pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran terhadap motivasi belajar. (10) Ada pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah, dan sikap siswa pada mata pelajaran melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata kunci: iklim sekolah, motivasi belajar dan sikap siswa %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7877