<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . "Latar Belakang: Lingkungan belajar yang kondusif akan memotivasi mahasiswa\r\nuntuk belajar dengan baik, namun lingkungan yang penuh tekanan dapat meningkatkan\r\ntingkat kecemasan, stres, dan bahkan dapat mengganggu kesehatan mental. Proses\r\npendidikan di Fakultas Kedokteran cukup rumit dan menyita banyak waktu, sehingga\r\nFakultas Kedokteran disebut sebagai stressful environment. Hal ini dapat memengaruhi\r\nkualitas belajar mahasiswa dengan mengganggu konsentrasi, daya ingat, dan hubungan\r\nantar informasi yang dipelajari.\r\nMetode: Penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross\r\nsectional. Sampel penelitian sebanyak 112 mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi\r\ndan eksklusi. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat\r\ndengan uji korelasi Spearman.\r\nHasil: Didapatkan mayoritas responden berusia 21 tahun (75 orang atau 67%).\r\nBerdasarkan jenis kelamin, responden perempuan lebih banyak (76 orang atau 67,9%)\r\ndibandingkan laki-laki (36 orang atau 32,1%). Mayoritas mahasiswa menilai persepsi\r\nterhadap lingkungan belajar di FK Unila cukup memuaskan (67,9%). Terkait dengan\r\ntingkat kecemasan, 64 orang (57,1%) tidak mengalami kecemasan. Hasil uji korelasi\r\nSpearman menunjukkan nilai p=0,000 dengan nilai koefisien korelasi = -0,617,\r\nmenunjukkan hubungan yang kuat dengan arah korelasi negatif, maka semakin baik\r\npersepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar, semakin rendah tingkat kecemasan,\r\ndan begitu juga sebaliknya\r\nKesimpulan: Persepsi mayoritas mahasiswa terhadap lingkungan belajar FK Unila\r\nadalah cukup memuaskan. Mayoritas mahasiswa FK Unila tidak mengalami\r\nkecemasan. Semakin baik persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar, semakin\r\nrendah tingkat kecemasan.\r\nKata Kunci: Kecemasan, Lingkungan Belajar, Mahasiswa Kedokteran\r\n\r\nBackground: A conducive learning environment will motivate students to study well;\r\nhowever, a stressful environment can increase levels of anxiety, and stress could even\r\ndisrupt mental health. The educational process at the Faculty of Medicine is quite\r\ncomplicated and takes a lot of time, so the Faculty of Medicine is called a stressful\r\nenvironment. This can affect the quality of student learning by disrupting\r\nconcentration, memory and relationships between the information being studied.\r\nMethods: This study was a cross-sectional observational analytic. The research sample\r\nwas 112 students that met the inclusion and exclusion criteria. The analysis was\r\nunivariate analysis and bivariate analysis with the Spearman correlation test.\r\nResults: It was found that the majority of respondents were 21 years old (75 people, or\r\n67%). In terms of gender, there were 76 female respondents (67,9%) and 36 men\r\n(32,1%). The majority of students rated their perception of the learning environment at\r\nthe Faculty of Medicine of Unila as quite satisfied (67,9%). Regarding the level of\r\nanxiety, 64 people (57,1%), did not experience anxiety. The Spearman correlation test\r\nshowed p value=0,000 and the coefficient correlation value is -0.617, indicating a\r\nstrong correlation with a negative correlation direction. So the better the student’s\r\nperception of the learning environment, the lower the level of anxiety, and vice versa.\r\nConclusions: The students were satisfied with the learning environment, and the major\r\nstudents did not feel anxiety. There is a strong correlation between the learning\r\nenvironment and student anxiety.\r\nKeywords: Anxiety, learning environment, medical students"^^ . "2024-01-16" . . . . . "FAKULTAS KEDOKTERAN"^^ . . . . . . . "Al Farisi"^^ . "Ahmad Fathin"^^ . "Al Farisi Ahmad Fathin"^^ . . . . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN\r\nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #78776 \n\nHUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECEMASAN \nMAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan" . .