@misc{eprints78801, month = {Februari}, title = {PENGARUH WAKTU PERGANTIAN CEO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN}, author = { . HIDAYATULLAH}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/78801/}, abstract = {Pergantian CEO sering dikaitkan dengan perubahan dalam kinerja keuangan dan kinerja pasar individu perusahaan. Penyebab pergantian CEO biasanya terkait dengan kinerja perusahaan yang buruk atau peningkatan kinerja yang terjadi akibat pergantian tersebut. Hubungan antara waktu pergantian CEO dan kinerja perusahaan merupakan topik yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini menginvestigasi pengaruh waktu pergantian CEO terhadap kinerja keuangan dan kinerja pasar individu, dengan menggunakan latar belakang pendidikan CEO sebagai variabel pemoderasi, serta jumlah anggota dewan direksi dan asal-usul CEO (dari dalam atau luar perusahaan) sebagai variabel Independen lainnya. Penelitian ini mendasarkan analisisnya pada empat teori utama, yaitu Teori Agensi, Teori Upper Echelons, Teori Big Bath, dan Teori Akuntansi Positif. Data yang digunakan diperoleh dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011 hingga 2020, dengan populasi awal sebanyak 709 perusahaan. Dari jumlah tersebut, dipilih sampel sebanyak 27 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu pergantian CEO memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Temuan ini mendukung Teori Upper Echelons dan Teori Big Bath, yang menggarisbawahi peran CEO sebagai pembuat keputusan strategis utama dalam organisasi, dengan keputusan mereka memberikan dampak langsung terhadap hasil organisasi. Namun, waktu pergantian CEO tidak terbukti berpengaruh terhadap kinerja pasar individu. Ini menunjukkan bahwa waktu pergantian CEO tidak menyediakan informasi penting bagi investor, sehingga tidak mempengaruhi keputusan investasi mereka dan tidak berdampak pada kinerja pasar individu. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa pengangkatan CEO dari luar perusahaan dan jumlah dewan direksi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan atau kinerja pasar individu. Terakhir, latar belakang pendidikan CEO tidak terbukti memperkuat hubungan antara waktu pergantian CEO dengan kinerja keuangan maupun kinerja pasar individu. Kata Kunci: CEO Turnover Time, Firm Performance, Market Performance, Agency Theory, Upper Echelons Theory,Big Bath Theory, Positive Accounting Theory. CEO The replacement of a CEO is often linked with changes in the financial performance and market performance of individual companies. The reasons for CEO turnover are usually associated with poor company performance or performance improvements resulting from the change. The relationship between the timing of CEO turnover and company performance is an intriguing topic for further research. This study investigates the impact of the timing of CEO turnover on financial and market performance of individuals, using the educational background of the CEO as a moderating variable, as well as the number of board members and the origin of the CEO (from within or outside the company) as other Independent variables. This research bases its analysis on four main theories: Agency Theory, Upper Echelons Theory, Big Bath Theory, and Positive Accounting Theory. The data used was obtained from companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2011 to 2020, with an initial population of 709 companies. From this number, a sample of 27 companies was selected. The results of the study indicate that the timing of CEO turnover has a significant positive effect on the financial performance of the company. This finding supports the Upper Echelons Theory and the Big Bath Theory, which underscore the role of the CEO as the primary strategic decision-maker in the organization, with their decisions having a direct impact on organizational outcomes. However, the timing of CEO turnover was not found to have an effect on individual market performance. This suggests that the timing of CEO turnover does not provide critical information to investors, thus not influencing their investment decisions and not impacting individual market performance. Furthermore, this study found that the appointment of a CEO from outside the company and the number of board members do not have a significant influence on either financial performance or individual market performance. Lastly, the educational background of the CEO was not proven to strengthen the relationship between the timing of CEO turnover and either financial or market performance. Keywords: CEO Turnover Time, Firm Performance, Market Performance, Agency Theory, Upper Achelons Theory, Big Bath Therory, Positive Accounting Theory.} }