%0 Generic %A TIZANI RIVAD, SAEFUNAWAS %C Universitas Lampung %D 2024 %F eprints:78809 %I Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/78809/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir komputasional terhadap pemecahan masalah peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto, dengan populasi sebesar 273 peserta didik. Pemilihan sampel menggunakan proporsionate stratified random sampling dengan sampel sebesar 73 peserta didik. Pengumpulan data dengan kuisioner. Analisis data mengunakan regresi sederhana,yang sebelumnnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu normalias dan linearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada peserta didik di kelas IV dan V memiliki kemampuan berpikir komputasional tertinggi di indikator dekomposisi dan Abstraksi, sedangkan indikator pengenalan pola dan berpikir algoritma masih rendah. Pada pemecahan masalah peserta didik memiliki kemampuan tertinggi di memeriksa kembali dan memahami masalah, sedangkan pada melaksanakan perencanaan masalah dan membuat rencana penyelesaian masalah masih rendah. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan keterampilan berpikir komputasional secara simultan tehadap pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: keterampilan berpikir, berpikir komputasional, pemecahan masalah.