TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints78861 UR - http://digilib.unila.ac.id/78861/ A1 - JUSTITIA , ADYSTI Y1 - 2024/01/18/ N2 - Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN menurut UndangUndang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Penyelenggaraan pelayanan publik akan terwujud ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain adalah faktor profesionalisme aparatur, sedangkan untuk mendapatkan aparatur yang profesional diperlukan kualitas sumber daya aparatur yang sesuai dengan tuntutan organisasi, hal ini penting dan esensial karena pelayanan publik merupakan pelayanan yang berhubungan langsung dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat luas dan sangat berpengaruh pada pencapaian tujuan organisasi secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kinerja pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terdapat indikator kinerja dalam upaya peningkatan kinerja pada pegawai diantranya indikator Kualitas Kerja, Ketetapan Waktu, Inistiatif, Kemampuan, dan Komunikasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan upaya peningkatan kinerja sudah sesuai dalam meningkatkan kinerja pegawai. Meskipun demikian masih terdapat kekurangan yang dialami oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam meningkatkan upaya kinerja. Kata Kunci : Aparatur Sipil Negara, Upaya Peningkatan, Kinerja PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - UPAYA PENINGKATAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BIRO ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG AV - restricted ER -