@misc{eprints7890, month = {Maret}, title = {PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG}, author = {Eriza Chandra 0511011051}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/7890/}, abstract = {Abstrak Dalam perkembangan dunia pendidikan yang dirasakan semakin pesat dan dengan semakin banyaknya sekolah-sekolah yang bermunculan sehingga menimbulkan persaingan yang ketat, SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dituntut dalam meningkatkan kualitas guru salah satunya meningkatkan disiplin kerja yang merupakan aspek terpenting pencapaian tujuan sekolah, maka diperlukan komunikasi yang efektif sebagai penggerak kedisiplinan kerja sehingga diharapkan tercapainya visi dan misi sekolah. Masalah yang dihadapi SMA Al-Kautsar Bandar Lampung adalah tingginya tingkat absensi tahunan yang mengindikasikan rendahnya tingkat kedisiplinan kerja guru sehingga mempengaruhi jumlah jam kerja efektif rata-rata yang dicapai dalam satu tahun selain itu kurangnya rapat koordinasi mengindikasikan jarang terjadinya pembenahan serta dapat menyebabkan pertukaran informasi tidak efektif. Permasalahan dalam penulisan ini adalah apakah komunikasi internal mempunyai pengaruh yang signifikan dengan disiplin kerja guru SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal terhadap disiplin kerja guru serta memberikan sumbangan pemikiran dan masukan pada SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dalam upaya meningkatkan kedisiplinan kerja. Berdasarkan permasalahan yang ada maka diajukan hipotesis bahwa komunikasi internal mempunyai pengaruh yang signifikan dengan disiplin kerja guru SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Metode pengumpulan data untuk menguji hipotesis ini melalui daftar pertanyaan yang ditujukan kepada 49 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t. Eriza Chandra Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Regresi Linier Berganda didapat nilai Fhitung sebesar 15,674 pada tingkat kepercayaan 95\% dan Ftabel sebesar 2,81. Karena F hitung {\ensuremath{>}} Ftabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima, Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap disiplin kerja ditunjukan oleh nilai koefisien determinasi (R 2 ) yaitu sebesar 0,511. Sehingga secara statistik terdapat pengaruh yang nyata antara Komunikasi Internal (X) terhadap Disiplin Kerja (Y). Hasil pengujian hipotesis secara parsial dengan uji t pada {\ensuremath{\alpha}} 0,025 menunjukan bahwa : a. t hitung (1.009) {\ensuremath{<}} t tabel (2.012) maka Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga komunikasi ke bawah (X1) tidak berpengaruh terhadap disiplin kerja (Y) b. -t hitung (0,408) {\ensuremath{>}} -t tabel (2.012) maka Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga komunikasi ke atas (X2) tidak berpengaruh terhadap disiplin kerja (Y) c. t hitung (3,872) {\ensuremath{>}} t tabel (2.012) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga komunikasi ke samping (X3) berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja (Y) Dengan demikian Komunikasi Internal berpengaruh terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Adapun saran yang diberikan oleh penulis dalam skripsi ini adalah Atasan sekiranya bersama-sama dengan guru saling berinteraksi dan kerja sama dalam upaya mencari solusi permasalahan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan kerja. Guru sebaiknya memiliki inisiatif yang lebih besar dalam menyampaikan laporan, mengutarakan keluhan dan memberikan gagasan untuk memecahkan sebuah permasalahan, sehingga akan mengurangi stress kerja guru dan meningkatkan kedisiplinan kerjanya.} }