%0 Generic %A Balqis Shafira, Aini %C Universitas Lampung %D 2024 %F eprints:78954 %I Fakultas Teknik %T RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE PIANIKA BERBASIS iOS MENGGUNAKAN PENDEKATAN GAMIFICATION %U http://digilib.unila.ac.id/78954/ %X Pianika merupakan alat musik yang sering dipakai siswa Indonesia dalam belajar mengenal nada dengan menggunakan notasi angka. Namun, banyak siswa ketergantungan dengan keberadaan notasi angka pada pianika. Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah metode pembelajaran bermain alat musik pianika dengan media aplikasi mobile dengan nama Melodissimo, untuk anak usia sekolah dengan metode gamification yang dibuat pada iOS dengan perangkat iPad. Delapan elemen Octalysis Framework dikaitkan dengan fitur yang ada pada Melodissimo untuk memvalidasi bahwa aplikasi sudah memenuhi elemen-elemen gamification. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall yang dijalankan dengan durasi 6 bulan. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa Swift menggunakan framewrok SwiftUI dengan design architecture Model MVVM. Metode pengujian Black Box Testing menggunakan sebelas skenario yang diuji dengan jenis perangkat berbeda-beda yang menghasilkan aplikasi tidak terdapat error ataupun kendala sehingga aplikasi berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, dilakukan pengujian Pre-Test dan Post-Test Testing yang diuji kepada 5 pengguna dimana semua pengguna meningkatkan skor yang diraihnya sehingga mendapatkan hasil skor Post-Test yang lebih tinggi daripada Pre-Test. Aplikasi Melodissimo berhasil dipublikasikan dan dapat diunduh melalui App Store.