TY - GEN ID - eprints78984 UR - http://digilib.unila.ac.id/78984/ A1 - DYNA SHAFA , SALSABILA Y1 - 2024/01/17/ N2 - Dalam penelitian ini meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 SD pada pembelajaran tematik dengan menggunakan animasi. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan enam tahapan dalam pembuatan film animasi 2 dimensi animasi yaitu konsep, desain, bahan, koleksi, perakitan, pengujian dan distribusi. Temuan penelitian: Animasi ini dapat diputar menggunakan perangkat digital dan memperoleh skor sebesar 87,5% yang berarti sangat setuju. Animasi memiliki tampilan resolusi tinggi, mendapat skor 90% yang berarti sangat setuju. Variasi warna pada animasi ini mendapatkan skor 82,5% yang berarti sangat Setuju, tulisan pada animasi dapat terbaca dengan jelas, mendapat skor 87,5% yang berarti sangat setuju, penggunaan komposisi warna tepat dan efisien pada animasi ini memperoleh skor sebesar 87,5% yang berarti sangat setuju, pesan yang disampaikan pada animasi ini merupakan skor yang dapat diterima. 86,25% yang berarti sangat setuju, Ejaan dan tata bahasa pada animasi ini mudah dipahami, mendapatkan skor 90% yang berarti sangat setuju, Animasi ini dapat dijalankan tanpa kerusakan, mendapatkan skor 87,5% yang berarti sangat setuju, Suara pada animasi dapat didengar dan dipahami mendapatkan skor 92,5% yang berarti sangat setuju dan suara latar pada animasi sesuai dan tidak mengganggu mendapatkan skor 90% yang berarti sangat setuju. Kesimpulan Penelitian Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa video Animasi Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas 3 SD Tema Tumbuh Kembang Makhluk Hidup telah dibuat dengan menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) metode. Video animasi ini berformat Mp4 dan memiliki kualitas resolusi 1080p. keyword : Animasi, Tematik, MDLC PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - ANIMASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS 3 SD (SEKOLAH DASAR) AV - restricted ER -