@misc{eprints79071, month = {Januari}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN}, author = {AULIA SYAFITRI ALVINA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/79071/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap kemampuan CPS peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 4 Metro. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 297 peserta didik dengan sampel dalam penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih yaitu kelas X 8 sebagai kelas eksperimen dan X 9 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah secara kreatif dikumpulkan menggunakan instrument tes pada saat pretest-posttest kemudian dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test sedangkan data respon peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model PBL yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata N-gain sebesar 0,64 dengan kriteria ?sedang? pada kelas eksperimen dan 0,27 dengan kriteria ?rendah? pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test menunjukkan bahwa kemampuan CPS sebesar 0,00 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari model PBL terhadap kemampuan CPS peserta didik pada materi perubahan lingkungan dengan kemampuan CPS yang paling tinggi adalah fact finding (N-gain 0,83) sedangkan kemampuan paling rendah pada acceptance finding (N-gain 0,51). Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan hampir semua peserta didik (92,77\%) berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan pemahaman materi saat proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan CPS peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Creative Problem Solving, Perubahan Lingkungan} }