%0 Generic %A 0741011048, IKE DUATY %D 2013 %F eprints:7914 %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUSU ENTRASOL (KALBE NUTRITIONALS) DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/7914/ %X Abstrak Seiring dengan pesatnya persaingan dalam dunia bisnis maka sebuah perusahaan harus mampu menghadapi persaingan dengan memberikan produk susu yang mampu bersaing agar perusahaan dapat membuat konsumen merasa puas. Perusahaan harus mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari produk-produk sebelumnya, agar tidak terjadi kejenuhan yang dirasakan oleh konsumen. Berdasarkan data yang didapat bahwa penjualan susu Entrasol berfluktuasi dan memiliki pangsa pasar terendah dibandingkan pesaingnya. Permasalahan nya apakah keterlibatan konsumen yang terdiri dari faktor pribadi, faktor produk, dan faktor situasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian susu Entrasol di Bandar Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keterlibatan konsumen yang terdiri dari faktor pribadi, faktor produk, dan faktor situasi terhadap keputusan pembelian produk susu Entrasol di Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan yaitu keterlibatan konsumen yang terdiri dari faktor pribadi, faktor produk, dan Ike Duaty faktor situasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen susu Entrasol di Bandar Lampung. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian deskriftif dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen susu Entrasol di Bandar Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan tekhnik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan alat analisis regresi logistik binary maka hipotesis yang menyatakan bahwa faktor keterlibatan konsumen yaitu faktor pribadi, faktor produk, dan faktor situasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk susu Entrasol di Bandar Lampung diterima. Hasil analisis diperoleh bahwa variabel X (keterlibatan konsumen) mempengaruhi variabel Y (keputusan pembelian) sebesar 72.7%. Variabel faktor pribadi adalah pengaruh terbesar berdasarkan analisis kuantitatif dan kualitatif. Perusahaan diharapkan untuk meningkatkan kualitas produk susu Entrasol yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, karena menurut responden produk susu Entrasol dinilai tinggi. Dan perusahaan sebaiknya menambah varian rasa susu Entrasol seperti rasa strawbery, green tea, capuccino, agar tidak terjadi kejenuhan saat mengkonsumsi susu dan memberikan harga yang sama dengan pesaing agar dapat menambah jumlah pengkonsumsi susu Entrasol. Ik