TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints79152 UR - http://digilib.unila.ac.id/79152/ A1 - GITA, PUTRI RAHMAWATI Y1 - 2024/02/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas X.1 dan X.2. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dilakukan menggunakan teknik tes, berupa 20 butir soal uraian. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05, artinya pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Rata-rata N-Gain kedua kelas sampel secara keseluruhan berada pada kategori sedang, dengan selisih rata-rata N-Gain sebesar 0,12, dimana rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan lebih baik. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran Berdiferensiasi; Problem Based Learning (PBL). PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN AV - restricted ER -