%0 Generic %A 0741011080, Pandu Setiawan %D 2013 %F eprints:7916 %T PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI PRODUK PADA TAMAN BUNGA PITUNG NURSERY DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/7916/ %X Abstrak Bisnis taman bunga di Bandar Lampung semakin meningkat ditandai dengan banyaknya perumahan dan gedung perkantoran baru. Selain itu, pebisnis taman bunga di Bandar Lampung semakin bertambah yang menawarkan harga yang cukup bersaing. Hal ini menimbulkan niat konsumen untuk melakukan pembelian. Agar dapat bersaing pebisnis dituntut untuk mempunyai citra pelayanan yang baik dan produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Taman Bunga Pitung Nursery sebagai pebisnis taman bunga tidak akan mungkin menghindari dari persaingan yang semakin meningkat. Selama pebisnis dapat melakukan kegiatan tertentu lebih baik dari pada pesaingnya, maka pebisnis akan memiliki keunggulan bersaing. Berdasarkan data yang diperoleh dari Taman Bunga Pitung Nursery bahwa masalah yang dihadapi pada (Tabel 4) yaitu, dari jumlah pengunjung yang datang hanya 65,50% yang melakukan pembelian. Persentase ini belum mencapai target yang ditetapkan oleh pebisnis Taman Bunga Pitung Nursery, selain itu dalam penelitian ini yang menjadi rumusan permasalahan yaitu apakah motivasi konsumen berpengaruh terhadap niat beli produk pada Taman Bunga Pitung Nursery di Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi konsumen yang terdiri dari dorongan (drive), petunjuk (clue), tanggapan (response), penguat (reinforcement)terhadap niat beli produk pada Taman Bunga Pitung Nursery di Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa motivasi konsumen mempunyai pengaruh yang kuat terhadap niat beli produk pada Taman Bunga Pitung Nursery. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Sampel yang diambil adalah pengunjung yang datang pada Taman Bunga Pitung Nursery di Bandar Lampung sebesar 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Motivasi konsumen pada Taman Bunga Pitung Nursery di Bandar Lampung berpengaruh terhadap niat beli dengan nilai pengaruh sebesar 50,7%. Pengaruh tersebut bernilai positif, yang berarti apabila motivasi konsumen pada Taman Bunga Pitung Nursery di Bandar Lampung ditingkatkan maka niat beli juga akan mengalami peningkatan. (2) Pengujian hipotesis menunjukan bahwa t hitung > t tabel pada taraf signifikan 95%, dengan perbandingan 10,031 > 1,984. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh motivasi konsumen pada Taman Bunga Pitung Nursery di Bandar Lampung terhadap niat beli adalah signifikan.