@misc{eprints79168, month = {Pebruari}, title = {Pengaruh Ulasan Dan Penilaian Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia Di Indonesia }, author = {Hidayansyah Robi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/79168/}, abstract = {Pesatnya perkembangan teknologi telah menyebabkan pergeseran perilaku berbelanja konsumen dari yang sebelumnya offline beralih ke online di seluruh dunia termasuk Indonesia, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan e-commerce yang mengalami peningkatan secara signifikan. E-commerce Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang memberikan beragam fitur yang menjadi sumber informasi bagi konsumen dalam menentukan produk yang akan konsumen beli, salah satu fitur yang cukup penting adalah ulasan dan penilaian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel ulasan dan penilaian konsumen sebagai variabel bebas terhadap keputusan pembelian sebagai variabel terikat pada marketplcace Tokopedia di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 130 responden. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan kriteria sesuai yang ditentukan peneliti. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel variabel ulasan dan penilaian konsumen berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Kata Kunci: Ulasan Konsumen, Penilaian Konsumen, Keputusan Pembelian} }