@misc{eprints79176, month = {Oktober}, title = {HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY HALOM TALANG PADANG}, author = {Nastiti Anindita Batari}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/79176/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika peserta didik dan kurangnya partisipasi orang tua dalam pendidikan anak, dan juga pengaruh dari kehilangannya kesempatan dalam belajar (Learning Loss). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 1 Way Halom Talang Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Way Halom Talang Padang yang berjumlah sebanyak 51 orang. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah angket dengan pernyataan sebanyak 16 butir yang meliputi keempat aspek partisipasi orang tua. pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik Kelas V SDN 1 Way Halom Talang Padang. Kata Kunci: hasil belajar, learning loss, matematika, partisipasi orang tua. The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of students and the lack of parental participation in children's education, as well as the effect of Learning Loss. This study aims to determine the relationship between parental participation and the mathematics learning outcomes of fifth grade students at SDN 1 Way Halom Talang Padang. The method used in this research is quantitative research with ex-post facto research methods. The population and sample in this study were all of the fifth grade students at SDN 1 Way Halom Talang Padang, totaling 51 people. The data collection technique used was a questionnaire with 16 statements covering the four aspects of parental participation. hypothesis testing is done using the Product Moment correlation test. The results showed that there was a relationship between parental participation and the mathematics learning outcomes of Class V students at SDN 1 Way Halom Talang Padang. Keywords: learning loss, learning outcomes, mathematics, parental participations.} }