TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints79195 UR - http://digilib.unila.ac.id/79195/ A1 - Anggie , Mutia Sari Y1 - 2024/01/31/ N2 - Percaya diri sangat penting dalam pembentukan individu, terutama dalam pendidikan. Meskipun konsep pendidikan karakter yang mengajarkan kepercayaan diri penting, namun nyatanya masih banyak remaja yang mengalami kesulitan mengembangkan kepercayaan diri tinggi. Pada dasarnya perkembangan karakter percaya diri pada peserta didik berkaitan erat dengan pembentukan nilai-nilai positif yang di tawarkan Thomas Lickona pada pendekatan pendidikan karakter. Ketika peserta didik memahami dan menerima nilai-nilai tersebut, mereka akan lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan sehari-hari dengan integritas dan keyakinan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui apakah ada hubungan antara aspek moral Thomas Lickona dengan karakter percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Natar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 1 Natar yang berjumlah 107 peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data dinyatakan bahwa aspek moral yang diajarkan Thomas lickona memiliki hubungan dengan karakter percaya diri peserta didik, dengan derajat hubungan sebesar 0,507. Dengan demikian bahwa ada hubungan yang cukup dan signifikan antara Aspek moral dengan Karakter Percaya diri peserta didik, dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral yang diajarkan oleh Thomas Lickona, kepercayaan diri peserta didik dapat ditingkatkan. Kata kunci : Karakter, Moral, Moral Thomas Lickona, Pendidkan Moral, Percaya Diri PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA ASPEK MORAL DENGAN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 NATAR AV - restricted ER -