@misc{eprints79219, month = {Pebruari}, title = {PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH MENGGUNAKAN CANVA DAN NEARPOD UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS}, author = {KHOIRUNNISA DELLA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/79219/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video interaktif materi rangkaian arus searah menggunakan canva dan nearpod untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahapan yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru dan uji respon peserta didik, serta uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, N-Gain dan Paired Sample T-Test. Pada hasil uji validitas media dan desain didapatkan skor sebesar 3,35 dengan kategori sangat valid, kemudian untuk uji validitas materi dan konstruk memperoleh skor sebesar 3,35 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata sebesar 82,3 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat berdasarkan hasil N- Gain pretest posttest, dengan perolehan skor sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Sehingga dapat diartikan bahwa video interaktif efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci:Video pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran inquiry} }