?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813024042&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+STRATEGI+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM%0D%0ADALAM+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+KETERAMPILAN%0D%0APROSES+SAINS+PESERTA+DIDIK+PADA%0D%0AMATERI+SISTEM+EKSKRESI%0D%0A(Studi+Eksperimen+Peserta+Didik+SMP+Negeri+2+Banjar+Baru+Tulang+Bawang)&rft.creator=NURUL+%2C+AFIDA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+dari+strategi+pembelajaran%0D%0Aflipped+classroom+dalam+discovery+learning+terhadap+keterampilan+proses+sains%0D%0A(KPS)+peserta+didik+kelas+VIII.+Penelitian+ini+menggunakan+penelitian+quasi%0D%0Aexsperimental+dengan+desain+pretest-posttest+non-equivalent+control+group+design.%0D%0ASampel+dalam+penelitian+ini+berjumlah+60+peserta+didik+yang+terbagi+dalam+kelas%0D%0AVIII+A+sebagai+kelas+eksperimen+dan+VIII+B+sebagai+kelas+kontrol+yang+diambil%0D%0Amelalui+teknik+cluster+random+sampling.+Jenis+data+dalam+penelitian+ini+yaitu+data%0D%0Akualitatif+dan+kuantitatif+yang+berupa+nilai+keterlaksanaan+sintaks+pembelajaran+dan%0D%0Anilai+keterampilan+proses+sains+peserta+didik.+Data+diperoleh+dari+lembar+observasi%0D%0Aketerlaksanaan+sintaks+strategi+pembelajaran+flipped+classroom+dalam+discovery%0D%0Alearning+yang+dianalisis+secara+deskriptif+dan+tes+materi+sistem+ekskresi+yang%0D%0Adianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji+independent+sample+t-test+dengan+taraf%0D%0Asignifikansi+5%25.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+strategi+pembelajaran+flipped%0D%0Aclassroom+dalam+discovery+learning+efektif+terhadap+keterampilan+proses+sains%0D%0Apeserta+didik+kelas+VIII+pada+materi+sistem+ekskresi+yang+ditunjukkan+dengan+nilai%0D%0Asignifikansi+sebesar+0%2C000+dan+hasil+tabulasi+N-Gain+peserta+didik+kelas+eksperimen%0D%0Atelah+memenuhi+syarat+keefektifan+dengan+N-Gain+kategori+sedang+sebesar+66%2C7%25%0D%0Adan+N-Gain+kategori+tinggi+sebesar+33%2C3%25.%0D%0AKata+kunci%3A+flipped+classroom%2C+discovery+learning%2C+keterampilan+proses+sains&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-01-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79221%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79221%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79221%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++NURUL+%2C+AFIDA++(2024)+EFEKTIVITAS+STRATEGI+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DALAM+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+SISTEM+EKSKRESI+(Studi+Eksperimen+Peserta+Didik+SMP+Negeri+2+Banjar+Baru+Tulang+Bawang).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79221%2F