%A AFIDA NURUL %T EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Peserta Didik SMP Negeri 2 Banjar Baru Tulang Bawang) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari strategi pembelajaran flipped classroom dalam discovery learning terhadap keterampilan proses sains (KPS) peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi exsperimental dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang terbagi dalam kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol yang diambil melalui teknik cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang berupa nilai keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan nilai keterampilan proses sains peserta didik. Data diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan sintaks strategi pembelajaran flipped classroom dalam discovery learning yang dianalisis secara deskriptif dan tes materi sistem ekskresi yang dianalisis secara statistik menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran flipped classroom dalam discovery learning efektif terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan hasil tabulasi N-Gain peserta didik kelas eksperimen telah memenuhi syarat keefektifan dengan N-Gain kategori sedang sebesar 66,7% dan N-Gain kategori tinggi sebesar 33,3%. Kata kunci: flipped classroom, discovery learning, keterampilan proses sains %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1813024042 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints79221