creators_name: NABYLA , RETNO EKAPUTRI creators_id: 1813023045 type: other datestamp: 2024-02-21 08:10:00 lastmod: 2024-02-21 08:10:00 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 540 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Weak Experimental Design dengan desain penelitian yaitu The One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan kemampuan kognitif. Pada penelitian ini kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1. Instrument penelitian yaitu lembar observasi kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan desktriptif pada penelitian ini menggunakan skor dari pengamatan aspek yang dinilai pada keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa berkategori baik, mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: efektivitas, discovery learning, keterampilan kolaborasi, larutan penyangga. This research aims to describe the effectiveness of the discovery learning model to improve collaboration skills in buffer solution material. The method used in this research is Weak Experimental Design with a research design namely The One- Shot Case Study. The population in this study were all students of class XI Science at SMAN 7 Bandar Lampung for the 2022/2023 academic year. Sampling was carried out using a purposive sampling technique based on considerations of cognitive ability. In this research, the sample class was class XI Science 1. The research instrument was a collaborative observation sheet. The descriptive data analysis technique in this research uses scores from observations of aspects assessed in collaboration skills. The research results showed that students' collaboration skills were in the good category, increasing at each meeting. This shows that the discovery learning model is effective in improving students' collaboration skills on buffer solution material. Key words: effectiveness, discovery learning, collaboration skills, buffer solution. date: 2023-11-22 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1813023045 citation: NABYLA , RETNO EKAPUTRI (2023) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/79230/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/79230/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/79230/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf