creators_name: Rizky , Isnani creators_id: 1913022018 type: other datestamp: 2024-02-23 01:11:24 lastmod: 2024-02-23 01:11:24 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PjBL terhadap keterampilan proses sains dan self efficacy peserta didik SMA pada materi pemanasan global. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Bandar Lampung dengan sampel kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket yang berjumlah 15 pernyataan dan soal tes yang berjumlah 6 butir soal. Uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-Test dan Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains dan self efficacy peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan model direct instruction. Kata kunci: Project Based Learning; Keterampilan Proses Sains; Self Efficacy date: 2024-01-24 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Rizky , Isnani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/79278/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/79278/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/79278/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf