<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model POGIL dalam meningkatkan\r\nketerampilan proses sains pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan\r\nadalah kuasi eksperimen dengan pretest˗postest control grup design. Populasi\r\ndalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMAN 15 Bandar Lampung\r\nyang berjumlah 175 siswa dan terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian\r\nini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 1\r\nsebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian\r\nmenunjukkan bahwa rata˗rata n˗Gain keterampilan proses sains di kelas eksperimen\r\nsebesar 0,7232, yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu\r\n0,5481. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T˗test menunjukkan\r\nbahwa terdapat perbedaan rata˗rata n˗Gain yang signifikan antara kelas eksperimen\r\nyang menggunakan model POGIL dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran\r\nkonvensional, sehingga dapat diketahui bahwa model POGIL efektif dalam meningkatkan\r\nketerampilan proses sains siswa pada materi koloid.\r\nKata kunci: Keterampilan Proses Sains, Koloid, POGIL\r\n\r\nThis research aims to describe the effectiveness of the POGIL model in improving\r\nscience process skills in colloidal materials. The research method used was a quasiexperimental\r\ndesign with pretest-postest control group design. The population in this\r\nresearch were all students of class XI Science at SMAN 15 Bandar Lampung totalling\r\n175 students and divided into 5 class. The sampling in this research used a purposive\r\nsampling technique. The research samples used were class XI Science 1 as the control\r\nclass and XI Science 2 as the experimental class. The result of n-Gain for experimental\r\nclass is 0,7232, which was significantly higher than the control class (0,5481). The\r\nresult of hypothesis testing (Independent sample T-test) show that there is a significant\r\ndifference in the average of n-Gain between the experimental class which used the\r\nPOGIL model and the control class which used conventional learning with a significant\r\nvalue is 0,000. This result show that the POGIL model is effective in improving science\r\nprocess skills in colloidal materials.\r\nKeywords: Colloidal, POGIL, Science Process Skills"^^ . "2023-12-08" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "PUTRI BULFIAH"^^ . "RAHMA "^^ . "PUTRI BULFIAH RAHMA "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING\r\n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #79294 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING \n(POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN \nPROSES SAINS PADA MATERI KOLOID\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "540 Kimia dan ilmu yang berhubungan" . .