%A PUTRI BULFIAH RAHMA %T EFEKTIVITAS MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model POGIL dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest?postest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMAN 15 Bandar Lampung yang berjumlah 175 siswa dan terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata?rata n?Gain keterampilan proses sains di kelas eksperimen sebesar 0,7232, yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,5481. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T?test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata?rata n?Gain yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model POGIL dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional, sehingga dapat diketahui bahwa model POGIL efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Koloid, POGIL This research aims to describe the effectiveness of the POGIL model in improving science process skills in colloidal materials. The research method used was a quasiexperimental design with pretest-postest control group design. The population in this research were all students of class XI Science at SMAN 15 Bandar Lampung totalling 175 students and divided into 5 class. The sampling in this research used a purposive sampling technique. The research samples used were class XI Science 1 as the control class and XI Science 2 as the experimental class. The result of n-Gain for experimental class is 0,7232, which was significantly higher than the control class (0,5481). The result of hypothesis testing (Independent sample T-test) show that there is a significant difference in the average of n-Gain between the experimental class which used the POGIL model and the control class which used conventional learning with a significant value is 0,000. This result show that the POGIL model is effective in improving science process skills in colloidal materials. Keywords: Colloidal, POGIL, Science Process Skills %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1939023039 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints79294