title: HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL PERTEMANAN DENGAN KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING TAHUN AKADEMIK 2022/2023 creator: Tiara Kalyca Kurnia, Putri subject: 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat subject: 370 Pendidikan description: Masalah penelitian ini adalah kecemasan dalam menyusun skripsi tinggi. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara dukungan sosial pertemanan dengan kecemasan dalam menyusun skripsi. Metode penelitian bersifat kuantitatif korelasional. Populasi berjumlah 110 mahasiswa aktif dan sampel sebanyak 86 mahasiswa akhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi peoduct moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan dari dukungan sosial pertemanan dengan kecemasan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi ditunjukkan berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung -0,439 < rtabel 0,273. Kesimpulan penelitian adalah semakin tinggi dukungan sosial pertemanan maka semakin rendah kecemasan dalam menyusun skripsi yang dialami mahasiswa, begitu pun sebaliknya semakin rendah dukungan sosial pertemanan maka semakin tinggi kecemasan dalam menyusun skripsi yang dialami mahasiswa. Kata Kunci : dukungan sosial pertemanan, kecemasan, skripsi. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2023-12-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/79302/1/ABSTRAK%20_TIARA%20KALYCA%20KP_1853052006.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/79302/2/SKRIPSI%20FULL%20_TIARA%20KALYCA%20KP_1853052006.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/79302/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20_TIARA%20KALYCA%20KP_1853052006.pdf identifier: Tiara Kalyca Kurnia, Putri (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL PERTEMANAN DENGAN KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/79302/