?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913054026&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=KOMPETENSI+GURU+TAMAN+KANAK-KANAK+DALAM+MELAKSANAKAN+PENILAIAN++PROSES+DAN+HASIL+BELAJAR&rft.creator=Priska+%2C+Sinaga&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+tingkat+kompetensi+guru+taman+kanak-kanak+dalam+melaksanakan+penilaian+proses+dan+hasil+dengan+menggunakan+.+pendekatan+kuantitatif+metode+deskriptif.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+guru+TK+yang+ada+di+Desa+Karang+Anyar+Kabupaten+Lampung+Selatan+dengan+teknik+pengambilan+sampel+menggunakan+total+sampling%2C+yaitu+45+guru.+Analisis+data+penelitian+ini+menggunakan+statistik+deskriptif+dan+menggunakan+kuesioner+bentuk+rating+scale+sebagai+alat+pengumpulan+data.+Hasil+penelitian+menggambarkan+bahwa+persentase+terbesar+berada+pada+kategori+baik+dengan+persentase+49%2C16%25+tergolong+rendah.+Persentase+sedang+pada+kategori+sangat+baik+dengan+besar+persentase+35%2C79%25+tergolong+rendah%2C+dan+persentase+terkecil+terkait+kompetensi+guru+dalam+kategori+kurang+berada+pada+besar+persentase+14%2C16%25+tergolong+sangat+rendah.+Dianalisis+berdasarkan+dimensi%2C+persentase+kompetensi+guru+tergolong+tinggi+berada+pada+dimensi+mengadministrasikan+penilaian+proses+dan+hasil+belajar+secara+berkesinambungan%2C+yaitu+68%2C9%25.+Terdapat+empat+dimensi+yang+tergolong+rendah+diantaranya%3A+1)+memahami+prinsip-prinsip+penilaian+sebesar+46%2C5%25%2C+2)+menentukan+aspek-aspek+proses+dan+hasil+belajar+sebesar+46%2C6%25%2C+3)+menganalisis+hasil+penilaian+proses+dan+hasil+belajar+sebesar+60%25%2C+dimensi+melakukan+evaluasi+proses+dan+hasil+belajar%2C+yaitu+60%25.+Terdapat+dua+dimensi+yang+tergolong+sangat+rendah+diantaranya%3B+1)+menentukan+prosedur+penilaian+proses+dan+hasil+belajar+dengan+44%2C4%25%2C+dan+2)+dimensi+mengembangkan+instrumen+penilaian+proses+dan+hasil+belajar%2C+yaitu+40%25.+%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Penilaian+proses+belajar%2C+penilaian+hasil+belajar%2C+kompetensi+guru%2C+taman+kanak-kanak%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan+&rft.date=2024-01-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79349%2F1%2FABSTRAK%2520%2528ABSTRACT%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79349%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79349%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Priska+%2C+Sinaga++(2024)+KOMPETENSI+GURU+TAMAN+KANAK-KANAK+DALAM+MELAKSANAKAN+PENILAIAN+PROSES+DAN+HASIL+BELAJAR.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan+%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F79349%2F