TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints79349 UR - http://digilib.unila.ac.id/79349/ A1 - Priska , Sinaga Y1 - 2024/01/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi guru taman kanak-kanak dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil dengan menggunakan . pendekatan kuantitatif metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK yang ada di Desa Karang Anyar Kabupaten Lampung Selatan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu 45 guru. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan menggunakan kuesioner bentuk rating scale sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa persentase terbesar berada pada kategori baik dengan persentase 49,16% tergolong rendah. Persentase sedang pada kategori sangat baik dengan besar persentase 35,79% tergolong rendah, dan persentase terkecil terkait kompetensi guru dalam kategori kurang berada pada besar persentase 14,16% tergolong sangat rendah. Dianalisis berdasarkan dimensi, persentase kompetensi guru tergolong tinggi berada pada dimensi mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan, yaitu 68,9%. Terdapat empat dimensi yang tergolong rendah diantaranya: 1) memahami prinsip-prinsip penilaian sebesar 46,5%, 2) menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar sebesar 46,6%, 3) menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar sebesar 60%, dimensi melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, yaitu 60%. Terdapat dua dimensi yang tergolong sangat rendah diantaranya; 1) menentukan prosedur penilaian proses dan hasil belajar dengan 44,4%, dan 2) dimensi mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar, yaitu 40%. Kata Kunci: Penilaian proses belajar, penilaian hasil belajar, kompetensi guru, taman kanak-kanak PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - KOMPETENSI GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR AV - restricted ER -