TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints79364 UR - http://digilib.unila.ac.id/79364/ A1 - Nazla Asa, Luqyana Y1 - 2024/02/15/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan menganalisis efektivitas media Kokami berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control gruop design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan effect size menunjukkan hasil yang positif sehingga dapat disimpulkan bahwa media Kokami berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika efektif terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -